8 Tips Public Speaking untuk Pemula



Banyak orang yang menganggap kalau berbicara didepan umum itu mudah dan sering kali mereka mengejek jika ada orang yang salah berbicara didepan umum, sedangkan mereka sendiri belum tentu bisa berbicara dengan baik didepan umum, public speaking walaupun terlihat sangat mudah dan sepele kkarna hanya perlu berbicara didepan orang  dan memberikan tips-tips dari sebuah masalah tetapi buktinya hal ini sangat sulit untuk dilakukan terutama untuk seorang pemula. Saya akan berbagi tips buat kalian-kalian yang ingin belajar terlebih jika kalian akan terjun didunia Organisasi. Public speaking adalah kunci utama.
1. Kuasai Materi
Sebelum berbicara didepn umum pastkan menguasai materi, jika tidak menguasai materi sama dengan mempermalukan diri sendiri
2. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti
Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti karna materi bukan hanya untuk pembicara namun juga untuk para pendengar, banyak orang yang tidak mengerti dan paham apa yang telah disampaikan pemateri ini merupakan kesalahan fatal pemateri.
3, berlatih berbicara didepan cermin
Berlatih lah berbicara melatih lidah, penilaian terbaik ialah kita. Karna kita yang paham apa kekurangan dan kelebihan yang kita miliki sehingga didepan cermin itu sangat pas.
4. berbicara dengan orang lain sebelum tampil.
Ini adalah metode mengurangi gugup atau rasa takut, ibaratnya kita harus melakukan pemanasan yaitu berbicara dengan orang lain.
5. Senam Bibir dan Lidah
Dilakukan nya sebelum tampil, agar terbiasa dan tidak ragu. Juga dalam pengucapan huruf juga jelas khsususnya A,I,U,E,O.
6. Gunakan seni bebicara
Pahami nada dan pembicaraan, tau dimana saat berbicara santai, cepat, lembut, keras dan berhenti. Sehingga dengan ini mempermudah para pendengar serta agar tidak bosan.
7. Gunakan bahasa tubuh
Gunakan bahasa tubuh saat berbicara agar materi tidak membosankan dan juga membuat kita rileks dan santai. Serta bahasa tubuh juga memberikan kesan serta pemahaman yang lebih.
8. Percaya diri dan semngat
Percaya dirilah dan terus semngat karna pembicara adalah pembawa suasana, baik buruknya acara ditentukan pembicara. 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ajak Seluruh Mahasantri bangun kekeluargaan

Hasrat Eko Tampil di POMNAS 2019

KPPS Siap Siaga diPEMIRA UIN JAKARTA 2017